Penggunaan jasa kirim barang berupa paket meningkat selama bulan Ramadan, dan salah satu perusahaan jasa itu adalah Jalur Nugraha Eka Kurir (JNE) cabang Sabang Bussiness Center, Jakarta, telah mengalami peningkatan pengiriman hingga dua kali lipat.

"Jika dibandingkan dengan hari biasa, permintaan kirim barang selama bulan Ramadan ini sudah naik hingga dua kali lipat," kata salah seorang petugas JNE.

Uniknya, jenis barang-barang yang paling sering dikirim selama bulan Ramadan berbeda dari jenis barang-barang yang dikirim pada hari biasa, misalnya makanan, pakaian dan parsel.

Kebanyakan barang tersebut dikirim dari Jakarta ke kota-kota besar seperti Palembang, Medan, Surabaya, serta antar-wilayah di Jakarta. "Pengiriman paling banyak tercatat ditujukan ke Pulau Sumatera," kata Mei.

Namun dengan banyaknya permintaan kirim barang, perusahaan jasa itu tak luput dari kesulitan; salah satu kendala yang dialami adalah keterlambatan dalam proses pengiriman sehingga barang akan terlambat diterima oleh penerima.

"Terutama jika barang dikirim mendekati lebaran. Saat itu arus kirim barang sedang sibuk dan penuh. Barang bisa telat dikirim, namun kami berusaha agar telatnya tidak terlalu lama. Maksimal telat satu hari," ujar Mei.

Setelah Lebaran, diperkirakan arus pengiriman barang akan kembali normal dan stabil seperti pada hari-hari biasa.

JASA PENGIRIMAN BARANG NAIK 2 KALI LIPAT

Artikel lainnya »